Skuad Barcelona Saat Lionel Messi Bukukan Gol Pertama, di Mana Mereka Sekarang?

Gilabola.com – Skuad Barcelona 15 tahun lalu ikut berjasa mendukung bintang muda mereka – saat itu, Lionel Messi, untuk bukukan gol perdananya. Ada di mana ya mereka sekarang?
Saat itu, Messi bermain dari bangku cadangan di akhir pertandingan melawan Albacete dan ikut membawa Barca menang 2-0, 15 tahun lalu, atau tepatnya pada 1 Mei 2005. Gol itu kemudian menjadi bab pembuka dari ‘kisah cinta abadinya’ di klub raksasa Catalan tersebut.
Messi terkenal berhasil bukukan gol perdananya itu melalui assist Ronaldinho, di mana keduanya juga sempat bekerja sama mencetak gol beberapa menit sebelumnya namun dianulir karena offside, walau replay menunjukkan hal sebaliknya.
Musim itu, Barca juga memenangkan gelar La Liga – untuk pertama kalinya sejak musim 1998/99. Tapi berapa banyak rekan satu tim Messi di skuad Barcelona saat itu yang tetap diingat?
Berikut ini ulasan starting XI di hari itu dan apa yang mereka lakukan sekarang, seperti dilansir dari Standard Sport:
Victor Valdes
Kiper asli Catalan ini kenal betul Lionel Messi sejak mereka masih sama-sama di La Masia, dan sudah bukukan hampir 400 penampilan di skuad utama klub tersebut antara tahun 2002 hingga 2014. Valdes dikenang sebagai salah satu dari kiper terbaik dalam sejarah Barcelona, di mana dia kemudian melanjutkan karirnya di Manchester United, Standard Liege dan terakhir, Middlesbrough.
Setelah pensiun sebagai pemain bola, Valdes lanjut menjadi staf pelatih dan sempat menjabat sebagai pelatih tim muda di Barca, tim Juvenil A (U-19) pada tahun 2019 lalu.
Juliano Belletti
Bek tengah asal Brasil, Juliano Belletti, terkenal sebagai pencetak gol kemenangan Barca di final Liga Champions 2006 – sebuah laga di mana Lionel Messi tak bisa bermain akibat cedera.
Setelah karirnya di Barca berakhir, Belletti sempat membela Chelsea dan kemudian kembali ke Brasil di mana ia membela klub Fluminense. Belletti kemudian gantung sepatu dan kini menjadi duta internasional untuk Barcelona.
Oleguer Presas
Seorang pemain muda yang bermain bagus, Oleguer gabung tim utama melalui barisan pemain muda klub dan memulai debutnya di skuad Barcelona saat mereka diasuh Louis van Gaal pada 2003 silam.


Thursday January 01, 1970

Presas mahir di posisi bek tengah maupun bek kanan, namun menjadi pemain semi-reguler di Blaugrana, sampai akhirnya dia hengkang ke Ajax di tahun 2008 di mana ia kemudian menutup karirnya pada 2011.
Presas juga dikenal karena minat besarnya terhadap dunia di luar sepak bola dan dunia aktivis. Ia bahkan masih terlibat di bidang politik dan kerap menulis untuk berbagai publikasi.
Carles Puyol
Carles Puyol dikenal sebagai kapten yang penuh inspirasi di Blaugrana. Bek tengah yang sangat dicintai ini pensiun pada 2014 lalu, setelah dia persembahkan enam gelar juara La Liga dan tiga trofi Liga Champions. Ia kemudian sempat kembali ke klub dan menjadi asisten direktur Andoni Zubizarreta hingga tahun 2015 lalu.
Puyol ditawari untuk kembali ke Barca dan menjabat sebagai direktur olahraga pada 2019 lalu, di mana ia juga sering disebut-sebut akan memegang peranan penting di manajemen Barca di masa datang. Kini, Puyol lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai agen pemain dan Duta LaLiga, sejak pensiun sebagai pemain.
Giovanni van Bronckhorst
Jadi andalan di posisi bek kiri saat Frank Rijkaard menjadi arsitek Barcelona. ‘Gio’ kemudian tinggalkan Camp Nou pada 2007, dan kembali ke klub kampung halamannya di Feyenoord.
Setelah pensiun pada 2010, ia kemudian menggeluti dunia kepelatihan dan meniti karir sebagai pelatih kepala. Pada 2017 lalu, Van Bronckhorst berhasil membawa Feyenoord meraih gelar juara Eredivisie pertama mereka selama hampir 20 tahun.
Kini, Van Bronckhorst sekarang menjadi pelatih kepala di klub Liga Super China, Guangzhou R&F.
Andres Iniesta
Andres Iniesta barangkali menjadi salah satu pemain yang paling berjasa dalam karir Lionel Messi. Iniesta selalu memberi dukungannya kepada Messi untuk mencetak gol, gelandang lincah inipun bukukan 442 penampilan bagi Barca di ajang liga.
Iniesta kemudian ikut mempersembahkan sembilan gelar LaLiga dan empat trofi Liga Champions untuk Barcelona, sebelum akhirnya terbang ke klub J-League dan membela Vissel Kobe sejak 2018 lalu.
Iniesta juga terkenal dengan gol kemenangan yang dibukukannya untuk Spanyol di final Piala Dunia 2010, dalam laga melawan Belanda. Sebuah film dokumenter tentang kehidupan dan karirnya pun sudah dirilis akhir bulan lalu.
Rafael Marquez
Pemain yang satu ini masih merumput hingga usianya 38 tahun, dan menghabiskan waktunya di sepak bola Amerika Serikat, Italia dan dia negaranya, Meksiko, setelah mengakhiri karirnya di Barcelona yang sudah tujuh tahunnya pada 2010 silam.
Pemain bertahan ini tampil terakhir kalinya di kompetisi profesional saat ia bermain di Piala Dunia 2018, di mana ia memecahkan rekor tampil untuk kelima kalinya bagi Meksiko di kompetisi sepak bola.
Setelah pensiun, Marquez bekerja sebagai direktur olahraga di klub asal Meksiko, Atlas – tim di mana ia pernah memulai debutnya di tim utama, hingga akhirnya meninggalkan jabatan tersebut pada 2019 lalu. Marquez sendiri mengaku ingin menjadi pelatih.
Deco
Jadi andalan di lini tengah skuad Barcelona sejak ia datang di Camp Nou pada 2004 lalu. Pemain asal Portugal ini kemudian tampil dalam 113 pertandingan liga untuk klub Catalan tersebut.


Thursday January 01, 1970

Deco kemudian pindah setelah kedatangan Pep Guardiola pada 2008, dan bergabung dengan Chelsea sebelum mengakhiri karirnya di klub Brasil, Fluminense.
Setelah pensiun, Deco menetap di Brasil dan bekerja sebagai agen pemain, bahkan sudah memulai memiliki agensi sendiri.
Ludovic Giuly
Pemain sayap yang satu ini jadi andalan Barcelona, di mana ia menjadi bagian penting dari trio pemain di lini serang Blaugrana bersama-sama Ronaldinho dan Samuel Eto’o selama pertengahan 2000-an. Pemain asal Prancis ini kemudian pindah ke Roma pada 2007, sebelum akhirnya pindah dan menutup karir di negaranya.
Ia kembali terkoneksi dengan AS Monaco, kemudian menjadi salah satu dewan pengurus  di Stage Louis II dan kini menjadi asisten pelatih untuk tim B Monaco. Dia juga dikenang di klub pertamanya, Monts d’Or Azergues Foot, yang mengabadikan stadion mereka dengan namanya pada 2013 lalu.
Samuel Eto’o
Tak diragukan lagi, Eto’o merupakan salah satu striker terbaik di generasinya dan barangkali menjadi pemain terbesar Afrika sepanjang masa. Eto’o sukses mencetak 108 gol dalam 144 penampilannya di LaLiga untuk Barcelona.
Setelah meninggalkan Camp Nou pada 2010, ia kemudian bermain di Inter Milan, Anzhi Makhachkala dan Chelsea, hingga mengakhiri karirnya sebagai pemain bola pada tahun lalu dengan mengoleksi hampir 300 gol di ajang liga. Kini, Eto’o menjadi Duta LaLiga, dan mewakili liga di seluruh dunia.
Ronaldinho
Salah satu pemain terbesar abad ke-21, Ronaldinho menari dan menggiring bola ke hati para pecinta sepak bola di seluruh dunia saat ia berada di Barcelona.
Dia meninggalkan Camp Nou saat Pep Guardiola datang pada 2008, dan kemudian bermain untuk AC Milan – di mana dia ikut memenangkan Scudetto pada 2010 – sebelum akhirnya berlaga di Brasil dan Meksiko.
Ronaldinho telah lakoni pertandingan terakhirnya di tahun 2015, dan pensiun sebagai satu dari hanya tujuh pemain yang memenangkan Piala Dunia, Liga Champions dan Ballon d’Or.
Sayangnya baru-baru ini Ronaldinho diberitakan dipenjara Paraguay karena diduga memasuki negara itu dengan paspor palsu.
Pelatih: Frank Rijkaard
Karir kepelatihan Rijkaard terbilang sangat aneh. Dia sukses membawa Barcelona kembali ke jalurnya, setelah bertahun-tahun tidak stabil dan kurang sukses.
Ia membawa skuad Barcelona meraih gelar juara LaLiga dan Liga Champions, serta mengorbitkan Lionel Messi dengan memberinya kesempatan berlaga di skuad utama. Tapi, Rijkaard hanya pernah benar-benar sukses saat memandu Camp Nou.
Pelatih asal Belanda itu kemudian bertugas di Galatasaray dan Timnas Arab Saudi, di samping ia sebelumnya juga memandu Belanda dan Sparta Rotterdam. Tapi, hanya di Barca-lah Rijkaard meraih sukses bersama timnya. Saat ini, Rijkaard sudah keluar dari dunia sepak bola, dan menetap di Amsterdam.
Sumber: Skuad Barcelona Saat Lionel Messi Bukukan Gol Pertama, di Mana Mereka Sekarang?
Berita Bola
Video Berita Bola
Video Cerita Bola


Thursday January 01, 1970

Published by admin