Pelatih Barcelona Tak Yakin Lanjutkan Kompetisi

Gila Bola – Pelatih Barcelona, Quique Setién, tak sepenuhnya yakin lanjutkan kompetisi sepak bola di Spanyol sebelum waktunya.
Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Jerman, Sueddeutsche Zeitung, Setien mengaku enggan mengedepankan alasan ekonomi di atas kesehatan para pemain bola.
“Apa yang lebih penting? Uang? Saya beri tahu, ambil saja uang itu!”, ujar Setien, seperti dilansir AS.
Setien juga tegaskan, uang yang akan dikantongi klub dan juga para pemain tak akan ada artinya, jika itu mengancam kesehatan, bahkan membahayakan nyawa mereka.
“Apakah uang itu akan memuaskan segalanya jika, katakanlah, saya menginfeksi bibi saya dan membuatnya sakit? Dan, tidak seperti saya yang sendirian di sini. Ada karyawan di sekitar tim, yang menyiapkan peralatan latihan, bekerja untuk kita sebagai pengemudi, memasak untuk kami dan mereka juga punya keluarga” tandas mantan pelatih Barcelona berusia 61 tahun itu.
Ketika ditanya tentang bagaimana seharusnya kompetisi LaLiga dilanjutkan kembali, Setién akui pandemi coronavirus saat ini telah mengambil alih ‘dimensi kehidupan yang melampaui kemampuan manusia’.
“Tidak ada yang lebih penting dibandingkan kehidupan itu sendiri, dan kesehatan kita. Setiap orang harus menerima konsekuensi dari krisis ini, begitu juga dunia sepak bola. Jika kita harus mengambil risiko besar dengan kembali dilanjutkannya kompetisi ini, kita harus menolaknya,” tegas mantan pelatih Real Betis itu.
Kompetisi sepak bola di Spanyol sendiri sudah terhenti sejak 11 Maret silam. Namun, otoritas sepak bola setempat dikabarkan berencana untuk merampungkan sisa musim ini mulai akhir Mei atau awal Juni mendatang.
Pelatih Barcelona itu juga sempat mengomentari pemotngan upah para pemainnya yang dilakukan manajemen klub.
“Itu dilakukan karena kami mengharapkan solusi umum bagi seluruh Spanyol. Kami juga menunggu klub-klub besar di tingkat global untuk menyepakati prosedur terpadu, apakah itu Juventus, Bayern (Munchen) atau Madrid, bahwa kita akan berikan sedikit rejeki kita, baik pemain maupun pelatih, itu tak perlu dipertanyakan. Lebih banyak yang kehilangan,” tambahnya.
Setien juga sempat mengkritik kegilaan yang terjadi di bursa transfer selama beberapa tahun terakhir. “Yang selalu mengganggu saya, uang yang tidak ditakdirkan untuk sepak bola. Banyak orang menggunakan sepak bola dan memanfaatkannya tanpa pernah menendang bola dalam hidupnya,” ungkap Setien.
Sumber: Pelatih Barcelona Tak Yakin Lanjutkan Kompetisi
Berita Bola


Thursday January 01, 1970

Published by admin