Kompetisi Liga Spanyol Diakhiri Secara Sepantasnya, Kata Presiden LFP

Gila Bola – Kompetisi Liga Spanyol akan dilanjutkan kembali dan diakhiri secara sepantasnya di atas lapangan hijau, bukan di ruang rapat seperti Liga Belgia.
Hal ini ditegaskan oleh Presiden Liga de Futbol Profesional, atau La Liga, menanggapi kemungkinan menghentikan kompetisi sepak bola karena negeri Spanyol menjadi negara terburuk di Eropa yang terpapar Covid-19.
Sampai saat ini segala jenis kompetisi liga sepak bola di seluruh dunia tengah dihentikan karena pandemi tersebut, kecuali Liga Belarusia dan Liga Nikaragua yang masih terus berlangsung.
Sebagai salah satu negara yang memiliki dampak terparah akibat pandemi ini, tanda tanya kelanjutan Liga Spanyol muncul karena diyakini wabah tersebut diyakini membutuhkan waktu sangat lama untuk mereda.
Namun Javier Tebas selaku presiden LFP menegaskan bahwa seluruh kasta Liga Spanyol, baik sepak bola pria dan wanita, akan dilanjutkan kembali suatu saat nanti.
“Menghapuskan dan menghentikan musim ini tidak pernah menjadi opsi. Namun kami saat ini sedang mempertimbangkan banyak skenario, seperti laga dilangsungkan tanpa kehadiran penonton, apa yang terjadi jika pertandingan dihadiri penonton, dan apa yang terjadi jika kompetisi tidak dilanjutkan,” kata Tebas. “Kami melihat segala kemungkinan yang ada tapi kami tidak melihat adanya kemungkinan musim berhenti di tengah jalan.”
“Kami mencari solusi terbaik demi kesehatan para pemain ketika kembali berlatih dan mengurangi dampak ekonomi. Ini bukan hanya pandemi tapi pandemi ekonomi juga.”
“Kami sadar ada banyak pihak [klub] yang kesulitan karena penundaan kompetisi dan kami ingin mendukung semua pihak.”
Ucapan Javier Tebas ini berbanding terbalik dengan pernyataan Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) yang menawarkan opsi penghentian kompetisi.
RFEF mengusulkan penghuni empat posisi teratas papan klasemen saat ini, yaitu Barcelona, Real Madrid, Sevilla dan Real Sociedad, langsung tembus Liga Champions musim depan. Sementara itu Atletico Madrid, Getafe dan Athletic Bilbao masuk Liga Europa tapi belum jelas siapa yang bakal degradasi atau promosi.
Langkah RFEF itu mengikuti jejak Liga Belgia yang mengakhiri kompetisi di ruang rapat dengan menunjuk Club Brugge selaku penghuni posisi teratas sebagai juara dengan tersisa satu pertandingan lagi musim ini.
Sumber: Kompetisi Liga Spanyol Diakhiri Secara Sepantasnya, Kata Presiden LFP
Berita Bola


Thursday January 01, 1970

Published by admin